Business

Apa itu DNS Server


Apa itu DNS Server?


 



DNS kepanjangan dari  Domain Name Server. DNS menerangkan sebuah identitas nama sebuah server. Asli identitas  tersebut adalah angka-angka IP (internet protocol). Identitas tersebut mempermudah ingatan seseorang untuk mengingat nama sebuah server. Contohnya: Google.com, Yahoo.com, Facebook.com dan lainnya.

DNS ini melakukan encode atau menerjemahkan dari domain google.com ke dalam bentuk deretan angka unik, yaitu berupa IP. Misal facebook.com IPnya adalah 69.63.181.11. Jadi bila kita masukan 69.63.181.11 pada browser maka juga akan membuka domain facebook.com. Deretan angka IP seperti 174.36.138.32. IP inilah yang digunakan mesin internet untuk saling berkomunikasi seperti Server Domain, Server Hosting, Server Proxy dan sebagainya.

DNS dimiliki oleh penyedia layanan sambungan internet seperti Indosat, Telkomsel, Telkom, dan lainnya. Server DNS suatu ISP atau penyedia internet pasti mempunyai kemampuan, kecepatan, spesifikasi, dan pembacaan ip tersediri.

Dengan demikian, DNS yang kita gunakan sering mengalami penurunan (drop) karena banyaknya user yang menggunakannya. Untuk menangani hal tersebut, trik yang kita gunakan adalah dengan mengganti-ganti IP DNS Server, dengan mencari koneksi yang sepi.
Apa itu DNS Server Apa itu DNS Server Reviewed by Andrian Mahardi on Wednesday, August 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.